Dihantui Kepala Markus dari Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak? Nih, Sosok Hebat di Balik Kengerian Marlina

Photo credit: Detak

Dihantui Kepala Markus dari Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak? Nih, Sosok Hebat di Balik Kengerian Marlina

278
Sosok Marlina yang diperankan oleh Marsha Timothy juga dianggap sebagai pahlawan baru perempuan yang melawan bengisnya tindak diskriminasi yang masih terjadi pada perempuan hingga kini.

Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ternyata berhasil mencuri perhatian para pecinta film di Indonesia. Ceritanya yang unik dan sarat akan kearifan lokal ini sekaligus menjadi wadah bagi para penonton lebih kenal dengan alam Sumba, Nusa Tenggara Timur yang sangat indah. Sosok Marlina yang diperankan oleh Marsha Timothy juga dianggap sebagai pahlawan baru perempuan yang melawan bengisnya tindak diskriminasi yang masih terjadi pada perempuan hingga kini. Film ini tidak hanya menyuguhkan cerita yang luar biasa apik, namun menampilkan berbagai aspek yang jarang terlihat dalam film-film Indonesia yang sudah ada. Sinematografi yang begitu baik, efek yang juga tidak kalah menakjubkan, dan berbagai hal lainnya yang begitu menarik dalam satu buah film yang berhasil masuk ke berbagai festival baik dalam negeri maupun luar negeri ini. Tidak lupa pula banyak juga penghargaan yang berhasil diraih film karya anak bangsa.

Dalam film Marlina, ada sebuah kepala milik Markus yang menjadi ikon dari film tersebut. Banyak nih yang penasaran bagaimana cara membuatnya? Siapa orang di balik pembuatan kepala tersebut? Berapa lama proses pembuatannya? Nah, kenalan yuk dengan kreator kepala dari Markus dan Franz dalam film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.


Perkenalkan namanya Sarwo Edy Kocom, seorang spesial efek di perfilman Indonesia

Photo credit: YouTube

Pria yang biasa disapa Mas Kocom ini merupakan seorang spesial efek kondang yang ada di Indonesia. Ia sudah banyak sekali berkontribusi untuk perfilman-perfilman Indonesia yang membutuhkan bagian-bagian tubuh yang tampak nyata, salah satunya adalah film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ini nih!


Menggunakan silikon untuk mencetak bagian tubuh manusia

Photo credit: BookMyShow

Bahan yang digunakan Mas Kocom adalah silikon untuk mencetak bagian tubuh manusia. Jika ingin membuat kepala, biasanya model akan dipakaikan stocking pada bagian kepala agar tidak lengket di rambut. Selanjutnya, silikon akan dioleskan pada bagian wajah dan kepala.


Setelah silikonnya sudah mengeras, saatnya melapisi silikon tersebut dengan bahan resin

Photo credit: YouTube

Bahan resin ini ketika sudah kering teksturnya menjadi seperti kulit yang lembek. Jadi, bentuk kepala ini tidak keras seperti patung. Ketika resin sudah kering dan dilepaskan dari cetakan silikon yang sebelumnya, barulah kepala ini diisi dengan cairan poliuretana yang dicampur dengan bahan lainnya. Adonan tersebut nantinya akan mengembang dan mengisi seluruh bagian kepala. Sehingga kepala ini tidak kopong dan tidak mudah rusak.


Tidak hanya kepala Markus saja yang pernah dibuat oleh Mas Kocom loh!

Photo credit: vice

Tidak hanya kepala Markus dalam film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak saja yang dibuat oleh Mas Kocom, ia juga pernah membuat model mayat-mayat akibat lumpur lapindo, wajah kuntilanak galau, alat kelamin laki-laki (menggunakan lilin yang dicetak oleh silikon), dan masih banyak lagi. Namun, yang menurutnya paling seru adalah ketika membuat kepala Markus untuk film Marlina ini!

BACA JUGA


Dari Film 'Marlina, si Pembunuh dalam Empat Babak', Inilah Bukti Misoginis Masih Ada Hingga Kini!

Dari Film 'Marlina, si Pembunuh dalam Empat Babak', Inilah Bukti Misoginis Masih Ada Hingga Kini!

Di balik tegarnya seorang Marlina dalam mencari keadilan, film besutan sutradara muda ini juga menyisipkan nilai kebudayaan dan sosial ...

Read more..

Dalam membuat film yang berkualitas memang tidak mudah. Butuh tim yang profesional dan berdedikasi tinggi terhadap karya yang mereka buat. Seperti para seniman dan tangan-tangan di belakang layar dari pembuatan film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ini. Tidak heran kalau film ini berhasil masuk berbagai macam festival dan mendapatkan berbagai macam penghargaan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Yuk terus dukung perfilman Indonesia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dihantui Kepala Markus dari Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak? Nih, Sosok Hebat di Balik Kengerian Marlina". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar