Meski Halloween Telah Usai, Kamu Tetap Bisa ‘Bertemu Hantu’ Lewat Karya Terbaik 5 Penulis Ini. Pencinta Horor Wajib Baca!

Photo credit : oketekno

Meski Halloween Telah Usai, Kamu Tetap Bisa ‘Bertemu Hantu’ Lewat Karya Terbaik 5 Penulis Ini. Pencinta Horor Wajib Baca!

490
Saat ini para penulis tersebut semakin lihai mengolah jalan cerita sehingga cerita horor tidak hanya berisi mengenai ketegangan ketika bertemu makhluk astral, namun pembaca diajak berpikir lebih jauh mengenai konflik cerita yang menarik.

Keseruan Halloween baru saja usai. Meski begitu, bagi pencinta horor keseruan menikmati segala hal yang dapat memicu adrenalin ini memang tidak ada habisnya, salah satunya dengan membaca karya-karya terbaik penulis horor. Apalagi saat ini para penulis tersebut semakin lihai mengolah jalan cerita sehingga cerita horor tidak hanya berisi mengenai ketegangan ketika bertemu makhluk astral, namun pembaca diajak berpikir lebih jauh mengenai konflik cerita yang menarik. Hal itu dilakukan agar pembaca tidak merasa bosan ketika mereka ‘bertemu hantu’ dalam karya-karya yang dibacanya.

Berikut 5 penulis horor beserta karyanya yang kami rekomendasikan untukmu yang mengaku pemberani. Siapa saja mereka?


1. Intan Paramaditha

Intan Paramaditha merupakan salah satu penulis horor Indonesia yang patut diperhitungkan. Selain sebagai penulis, perempuan cantik yang baru saja meluncurkan novel berjudul Gentayangan ini juga dikenal sebagai akademisi yang tulisan-tulisannya banyak membahas mengenai gender, budaya, dan politik. Novel Gentayangan yang baru saja diluncurkannya menarik perhatian pencinta sastra Indonesia karena menyajikan format yang berbeda dengan novel kebanyakan. Novel ini mengajak pembaca untuk memilih sendiri petualangan yang akan dilakukan oleh seorang gadis yang bersekutu dengan iblis. Selain novel Gentayangan, Intan telah menulis beberapa karya lain seperti kumpulan cerpen Kumpulan Budak Setan yang merupakan proyek menulis bersama Eka Kurniawan dan Ugoran Prasad, kumpulan cerpen Sihir Perempuan, serta naskah drama Goyang Penasaran. Wajib baca nih, Sahabat Trivia!


Photo credit : intanparamaditha


2. Risa Saraswati

Dianugerahi kemampuan supranatural membuat Risa Saraswati memiliki berbagai kisah ‘luar biasa’ bersama makhluk-makhluk tak kasat mata. Kisah-kisah tersebut kemudian ia jadikan bahan cerita di beberapa novelnya, seperti Danur, Maddah, Sunyaruri, Ananta Prahadi, r.i.s.a.r.a., Catatan Hitam, dan Rasuk. Novel Gerbang Dialog Danur yang kemudian difilmkan dengan judul Danur pada Maret 2017 lalu merupakan salah satu kisahnya bersama ‘ lima kawan kecilnya’. Kisah pribadi mereka juga Risa tulis dalam novel-novel berjudul sesuai dengan nama mereka, yaitu William, Peter, Hans, Jansen, dan Hendrick. Kamu berani tidak punya ‘kawan-kawan kecil’ seperti Risa?


Photo credit : Tribunnews


3. Ruwi Meita

Nama Ruwi Meita cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki kesenangan terhadap bacaan bergenre thriller. Tidak kurang dari 9 novel telah ditulis oleh penulis kelahiran Yogyakarta ini, sebut saja Rumah Lebah: Rahasia Wajah-Wajah Asing, The Sex On Chatting, The Apuila’s Child, Cruise Chronicle, Kaliluna: Luka di Salamanca, Kamera Pengisap Jiwa, Days Of Terror, Misteri Patung Garam, dan Alias. Selain menulis novel, Ruwi Meita juga aktif menulis skenario dan mengadaptasi skenario layar lebar ke dalam novel. Tidak hanya itu, cerpennya yang berjudul Pulung Gantung berhasil menang juara satu Kompetisi Tulis Nusantara dan Pemutar Aroma menang juara 3 sayembara Femina 2014. Selain itu, salah satu novelnya yang cukup populer di Indonesia juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu di Malaysia, yaitu Misteri Patung Garam.

Photo credit : ruwimei


4. Stephen King

Nama Stephen King layak disebut sebagai raja novel horor dan thriller berkat produktivitasnya dalam menghasilkan tulisan-tulisan bergenre horor, thriller, fantasi, dan fiksi ilmiah. Penulis kelahiran Amerika Serikat ini telah menghasilkan sedikitnya 50 novel, 200 cerpen, dan 5 karya nonfiksi yang telah diadaptasi ke dalam film, komik, dan teater di seluruh dunia. Beberapa karyanya yang fenomenal dan telah diadaptasi ke dalam film di antaranya Carrie, The Shinning, Misery, The Mist, Cell, dan The Cabin In The Woods. Kamu sudah baca karyanya yang mana saja nih, Sahabat Trivia?


Photo credit : huffingtonpost


5. James Herbert

Salah satu penulis horor internasional lainnya adalah James Herbert. Penulis berkebangsaan Inggris yang tutup usia pada tahun 2013 lalu ini telah menghasilkan 23 novel serta beberapa cerita pendek yang telah diterjemahkan ke dalam 34 bahasa. Dengan mengambil genre horor dan dark fantasy, beberapa karya James Herbert telah diadaptasi ke dalam film dan serial televisi, seperti The Survivor, Deadly Eyes, The Rats, Fluke, Haunted, The Magic Cottage, dan The Secret of Crickley Hall. Selain itu, ia juga menulis 2 karya non fiksi berjudul By Horror Haunted dan James Herbert’s Dark Places.


Photo credit : thetelegraph

BACA JUGA


Bergenre Thriller dan Horor, Film-Film Korea Ini Cocok Jadi Tontonan di Malam Halloween. Siap-Siap Meneror Malam Indahmu!

Bergenre Thriller dan Horor, Film-Film Korea Ini Cocok Jadi Tontonan di Malam Halloween. Siap-Siap Meneror Malam Indahmu!

Mulai dari kisah hantu betulan sampai aksi kejar-kejaran dengan zombie, penculik, dan para pembunuh sadis, film-film ini siap meneror mimpi ...

Read more..

Itulah 5 penulis horor Indonesia dan internasional yang karyanya wajib kamu baca sebagai pencinta horor. Bagaimana, berani tidak baca karya-karya mereka?





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Meski Halloween Telah Usai, Kamu Tetap Bisa ‘Bertemu Hantu’ Lewat Karya Terbaik 5 Penulis Ini. Pencinta Horor Wajib Baca!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar