Film Bisma Kharisma Bertajuk Silariang Angkat Budaya Lokal. Berikut 7 Film Lain yang Juga Angkat Budaya Lokal Indonesia!

Photo credit: inspiratorfreak

Film Bisma Kharisma Bertajuk Silariang Angkat Budaya Lokal. Berikut 7 Film Lain yang Juga Angkat Budaya Lokal Indonesia!

379
Bisma Kharisma kembali unjuk gigi di dunia akting dalam film Silariang yang sarat akan nilai dan kearifan lokal kota Makassar.

Film Silariang: Cinta Yang [Tak] Direstui diambil dari Bahasa Makassar yang berarti kawin lari. Kisah cinta sejoli yang harus melewati berbagai rintangan terjal yang membuatnya nekat kawin lari. Namun, keputusan mereka untuk kawin lari ternyata membuat mereka terus dikejar-kejar dan terancam berpisah. Film ini mengedukasi masyarakat akan salah satu kebudayaan yang Indonesia miliki. Mulai dari bahasa, rumah adat, hingga hukum yang terdapat dalam daerah tersebut.

Diperankan oleh Bisma Karisma yang memainkan karakter Yusuf dan Andania Suri yang memainkan karakter Zulaikha, kekasih Yusuf. Film ini kabarnya akan tayang serentak pada 18 Januari 2018 mendatang. Kisah cinta yang terhalang tembok besar ini ternyata tak lekang oleh masa di kalangan orang Bugis, Makassar.

Meski kental dengan kebudayaan Bugis, Makassar, namun film ini dibuat sangat dekat dengan anak muda zaman sekarang dengan latar yang cukup modern.

"Film ini mengangkat realita yang sering terjadi di kehidupan kita. Cerita tentang cinta yang akhirnya menjadi sangat rumit. Cerita tentang keluarga, sosok ibu, perkawinan siri, bibit-bebet-bobot. Intinya, jangan pernah menganggap remeh persoalan mencintai dan dicintai," menurut sang sutradara, Wisnu Adi.

Duh, pasti bakal seru banget nih film yang membuat Bisma Kharisma latihan berbahasa Bugis dengan kisah percintaan yang masih banyak terjadi dizaman modern ini. Nah, selain film Bisma bertajuk Silariang yang mengangkat budaya lokal berikut ini 7 film lain yang sarat akan budaya lokal!


Turah

Video credit: YouTube/Singapore International Film Festival

Film Turah mengambil latar belakang kehidupan orang-orang Kampung Tirang di Pelabuhan Tegalsari, Tegal, Jawa Tengah. Film ini akan menggambarkan secara detail tentang masyarakat Tegal yang hidup seadaanya. Saat itu listrik hanya hidup pada malam hari dan tuan tanah di sana sering kali mengambil keuntungan dari kondisi tersebut. Nah, dalam film ini kamu akan mendengarkan logat Tegal yang kental sepajang film. Guyonan-guyonan ala mereka pun menjadi salah satu faktor yang membuat film ini semakin menarik.


Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Video credit: YouTube/cinesurya

Film yang berhasil menorehkan prestasi dalam ajang Toronto International Film Festival (TIFF) 2017 ini memang berlatar belakang cukup menarik, yaitu di Padang Savana, Sumba. Marlina terpaksa menjadi pembunuh dari orang-orang yang dengan sengaja ingin menyakiti hatinya. Meski sepanjang film Marlina harus melewati banyak ketegangan, pada akhirnya ia pun menjadi seorang pahlawan yang berhasil membela hak asasi perempuan.


Banda: The Dark Forgotten Trail

Video credit: YouTube/Lifelike Pictures

Banda: The Dark Forgotten Trail merupakan film dokumenter yang menceritakan tentang fakta-fakta tersembunyi di Kepulauan Banda, Maluku. Latar film ini adalah saat Pulau Banda menjadi lahan yang diperebutkan antara Belanda dan Inggris karena Kepulauan Banda memiliki kekayaan rempah-rempah yang jauh lebih berharga dari emas-emas. Film ini mengingatkan kita kembali akan kekayaan dan perjuangan para pahlawan dalam memperjuangan benda-benda yang Indonesia miliki.


Knight Kris

Video credit: YouTube/Asian Hack TV

Kamu yang mengaku pecinta film animasi, wajib banget menonton film animasi karya anak bangsa yang berjudul Knight Kris. Meski judulnya berbahasa Inggris, namun film animasi ini sarat akan nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal. Tokoh-tokoh yang digunakan pun berasal dari tokoh perwayangan dan lokasi yang digunakan juga canti-candi yang ada di Indonesia. Hal ini agar mendorong anak-anak zaman sekarang untuk mencintai dan lebih mengenal kekayaan bangsanya. Sambil menonton, anak-anak diharapkan dapat belajar juga tentang sejarah-sejarah Indonesia.


Cahaya dari Timur: Beta Maluku

Video credit: YouTube/Cahaya Dari Timur Movie

Lokasi yang memikat dan pemandangan yang menawan menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari film Cahaya dari Timur: Beta Maluku. Film ini juga menyelipkan kentalnya budaya-budaya setempat yang membuat para penontonnya akan dibuat semakin jatuh cinta dengan tanah kelahiran mereka, Indonesia. Berkisah tentang olahraga sepakbola yang menyatukan segala perbedaan yang terjadi di daerah konflik, Ambon. Film ini menyuguhkan sinematografi yang akan memukau Sahabat Trivia!


Tabula Rasa

Video credit: YouTube/Trailer Film Indonesia

Kalau kamu pecinta makanan Minang, film ini tampaknya akan menjadi salah satu film yang akan kamu sukai nih, Sahabat Trivia. Dalam film Tabula Rasa, kamu akan diajak menyaksikan proses pembuatan masakan khas Minang secara detail. Mulai dari merajang bumbu, memeras santan, hingga membuat racikan-racikan khas dari Minang. Namun, di balik sajian yang menggugah selera, ternyata terselip kisah keluarga yang cukup menggugah hati juga.


Juara

Video credit: YouTube/MagMA Ent ID

Film Juara merupakan salah satu film yang sarat akan kebuadayaan locak Indonesia. Dalam film ini, sang pemeran utama, Bisma Kharisma akan unjuk kemampuan bela diri, pancak silat. Bisma mengaku telah berlatih selama 8 bulan penuh demi bisa pancak silat.

BACA JUGA


Rekomendasi Film yang Tayang di Bulan Januari 2018. Pas Banget Buat Mengisi Awal Tahunmu!

Rekomendasi Film yang Tayang di Bulan Januari 2018. Pas Banget Buat Mengisi Awal Tahunmu!

Nah, buat kamu yang sudah nggak sabar mau tonton film, ada 5 film yang wajib kamu tonton dan sudah mulai tayang di bulan Januari 2018

Read more..

Film mana yang paling kamu suka nih, Sahabat Trivia? Semoga sepanjang tahun 2018 akan semakin banyak film-film yang sarat akan budaya lokal Indonesia ya, Sahabat Trivia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Film Bisma Kharisma Bertajuk Silariang Angkat Budaya Lokal. Berikut 7 Film Lain yang Juga Angkat Budaya Lokal Indonesia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar